Sabtu, 16 Oktober 2010

Memilih Lokasi Bisnis Eceran

Lokasi tempat usaha memang merupakan salah satu hal yang sangat mendukung sukses
tidaknya suatu bisnis. Tetapi tiap lokasi memiliki daya dukung atau pengaruh yang berbeda-beda terhadap suatu bisnis. Suatu lokasi bisa saja menguntungkan atau bahkan merugikan. Karena itu anda harus selektif dalam memilih lokasi tempat usaha, termasuk bisnis eceran sekalipun.

Lalu lokasi seperti apa yang menguntungkan, khususnya untuk bisnis eceran? Berikut ini adalah lokasi bisnis eceran yang cukup strategis:

Pusat kota
Kota merupakan lokasi yang menjanjikan bagi jalannya bisnis. Menempatkan bisnis eceran di pusat kota atau pusat perbelanjaan memiliki beberapa keuntungan, misalnya: lebih menarik konsumen, karena banyaknya orang yang lalu lalang dari satu kantor ke kantor yang lain. Sehingga banyak konsumen yang tak terduga. Hanya tentu saja persaingan bisnis di kota misalnya pusat perbelanjaan lebih ketat. Selain itu `cost' yang dibutuhkan pun lebih besar. Harga sewa tempat dan biaya produksi lebih tinggi.

Pemukiman penduduk
Keuntungan bisnis eceran di kawasan permukiman adalah biaya operasional dan biaya sewa tempat belanja tsb yang cenderung lebih kecil, serta hubungan dengan pelanggan yang cukup dekat. Tetapi menetapkan lokasi di daerah ini sebaiknya tidak jauh dari lokasi pertokoan utama atau tempat belanja di daerah tersebut. Pengalaman menunjukkan bahwa bisnis eceran di daerah pemukiman yang terletak kurang dari 3 km dari pusat pertokoan ternyata dapat berkembang dengan baik. Secara psikologis ada kecenderungan konsumen untuk lebih mudah mengingat dan mendatangi satu lokasi yang cukup besar dibandingkan dengan yang kecil-kecil dan terpencil.

Pusat perbelanjaan
Pusat perbelanjaan seperti mall, pasar tradisional, pertokoan, dll merupakan lokasi yang tepat untuk bisnis eceran. Karena lokasi ini selain menjadi pusat shopping juga memungkinkan prinsip _disibledevent=176368">shopping mall di Depok Town Square

Mendekati pesaing
Memilih lokasi yang dekat dengan pesaing atau pelaku bisnis di bidang yang sama bisa menjadi pilihan. Paling tidak, pelanggan para pesaing juga akan mengunjungi kegiatan bisnis anda. Jika pesaing kehabisan stok atau produk yang biasa mereka jual, memungkinkan pelanggan beralih ke bisnis anda. Jika memungkinkan jalin kerjasama dengan mereka. Sehingga keuntungan itu akan dirasakan bersama-sama.



http://id.88db.com/id/Knowledge/Knowledge_Detail.page/Peluang-Bisnis/?kid=10184

Tidak ada komentar:

Posting Komentar